banner-imq

Unik! Ini 3 Model Tangga Rumah Mewah Klasik Bikin Rumah Makin Antik



Hi SobatMQ!
Kalau kamu punya impian memiliki rumah bertingkat, sebaiknya kamu perlu memperhatikan bentuk tangganya. Desain tangga dengan bentuk yang unik akan menjadi central view sebuah rumah bertingkat. Model tangga rumah mewah klasik tentu saja akan membuat rumah kamu tampak makin antik.

Kesan antik atau vintage memang selalu menarik minat pecintanya. Dan referensi yang akan MQ hadirkan dalam tulisan kali ini boleh jadi sangat menarik minat kamu.

Sob, perlu diketahui bahwa tangga bukan hanya berfungsi sebagai penghubung antar lantai. Namun, tangga juga bisa berguna sebagai spot menarik yang bisa dieksplorasi dengan luas.

Bentuk tangga yang tidak biasa, dilengkapi dengan taman dalam ruangan yang unik, bisa menjadikan rumah biasa tampak luar biasa. Untuk itu dalam membuat sebuah tangga, beberapa hal penting berikut ini perlu kamu pertimbangan

Hal Penting yang Harus diperhatikan Dalam Membuat Tangga


Tangga rumah modern

Sob, tahukah kamu beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam membuat tangga untuk rumah? Berikut yang harus kamu ketahui sebelum membuat sebuah tangga yaitu:

1. Posisi


Perhatikan posisi tangga akan diletakkan dimana (hehehe terkesan tangganya sudah jadi ya). Jadi memang kamu harus memposisikan tanggalnya sudah jadi, bayangkan ketika tangga sudah ada dan dimana posisi yang pas untuk tangga ini.

Ambil posisi yang tidak mengganggu ruangan di bawah maupun bagian atas. Utamakan jalur yang kosong, dengan posisi strategis. Jadi tidak akan mengganggu mobilitas ruang di bawahnya. Pikirkan pula sisi estetiknya ya.

2. Ukuran


Ukuran tangga nyatanya tidak sembarang lho. Jangan asal membuat ukuran tangga tanpa pertimbangan yang matang. Salah membuat ukuran tangga bisa mempengaruhi mobilitas nantinya.

Ukuran tangga standar adalah untuk lebar tangga minimal 90 cm, tetapi untuk ukuran yang lebih nyaman disarankan 120 cm. Ketinggian rise atau tinggi masing-masing anak tangga 15-22 cm. Sedangkan tread atau lebar pijakan anak tangga 22-30 cm.

Untuk jumlah anak tangga yang melebihi 36 tread sebaiknya memiliki satu nosing atau bordes. Tujuannya agar tangga tetap nyaman digunakan serta tidak tampak seperti tangga seribu hehe.

Sudut kemiringan tangga untuk rumah tangga adalah 42°. Jika melebihi sudut 42° lebar tread minimal 28 cm. Selain itu batas headroom atau batas atas kepala adalah minimal 2 meter.

3. Model


Model atau desain tangga perlu kamu pikirkan sebelum membuat tangga. Jika kamu memiliki lahan sempit, pikirkan untuk membuat tangga multifungsi. Jika lahan tidak masalah kamu bisa membuat tangga dengan desain yang artistik dengan model tangga rumah mewah klasik.

Sob, jika kamu menggunakan jasa konsultan atau arsitek, kamu tinggal duduk santai terima gambar. Namun jika kamu tidak menggunakan jasa arsitek karena alasan budget, hal-hal di atas perlu kamu perhatikan secara detail.

Untuk model tangga seperti apa yang kamu inginkan, kamu bisa membuat model tangga rumah mewah klasik seperti berikut ini.

Model Tangga Rumah Mewah Klasik


Model tangga erat kaitannya dengan railing (pegangan tangga). Railing tangga ini sangat esensial. Pegangan tangga yang menjadikan bentuk tangga tampak makin mewah meskipun model klasik. Paduan model tangga dengan railing yang sesuai akan menampilkan bentuk tangga yang eye catching.

Desain klasik erat kaitannya dengan kesan jadul, kuno, atau sering juga disebut sebagai vintage. Belakangan desain vintage banyak digemari oleh sekelompok orang yang masih menganggap bahwa desain vintage sangat menenangkan dan penuh kesederhanaan. Ciri-ciri desain klasik atau vintage antara lain:

1. Desain klasik cenderung menggunakan jenis furniture jadul


Furniture yang digunakan pada desain klasik adalah furniture tempo dulu. Tak jarang mereka menggunakan perabot jaman jadul, keramik antik, hingga elektronik retro untuk semakin menguatkan kesan klasik pada hunian mereka.

2. Menggunakan warna vintage


Warna pada desain klasik atau vintage biasanya menggunakan warna-warna pastel. Kombinasi warna pastel seperti baby pink, baby blue, telur asin, hingga aquamarine menjadi ciri khas desain klasik.

3. Motif pada desain klasik


Satu hal yang paling khas pada desain vintage adalah motif yang digunakan pada hunian. Rumah dengan desain klasik biasanya kental dengan motif floral, ukiran, hingga lukisan berbentuk abstrak.

4. Wallpaper dengan desain vintage


Ciri lain dari hunian yang mengedepankan desain klasik adalah penggunaan wallpaper dengan tema vintage. Motif wallpaper vintage selain dapat dilihat dari pilihan warna juga dapat dilihat dari segi motif. Motif wallpaper vintage seperti yang sudah saya sebutkan di atas adalah motif abstrak, floral, maupun pepohonan dan ukiran.

Berikut ini model tangga rumah mewah klasik dengan paduan railing yang eye catching untuk kamu jadikan sebagai referensi.

1. Tangga dengan railing ukiran


Tangga klasik

Pegangan tangga dari kayu membuat tangga tampak lebih klasik. Alasannya karena railing kayu bisa diukir dengan ukiran yang cantik, dipahat sesuai selera, serta tahan lama. Bagi pecinta desain klasik, model tangga dengan railing kayu ukiran menjadi desain yang boleh dipertimbangkan.

Namun minusnya bagi tangga dengan railing kayu adalah pemilihan kayunya. Pilihan kayu yang memiliki daya tahan lama tentu saja harganya tinggi. Jika kamu memilih sembarang jenis kayu, bisa saja pegangan tangga ini tidak tahan lama.

2. Tangga melingkar dengan railing besi dengan railing model bunga


Tangga unik

Model tangga melingkar (heliks) klasik dengan railing besi model bunga bisa jadi pilihan kamu berikutnya Sob. Motif bunga pada railing besi dengan tampilan klasik motif bunga akan tampak semakin estetik. Apalagi jika bentuk tangga model melingkar, kesan klasik namun tetap elegan .

3. Tangga klasik dengan model floral


Tangga ukuran kayu

Tangga model dengan railing aneka floral tentu mampu menonjolkan kesan klasiknya lho. Meskipun desain tangga dibuat dengan konsep minimalis atau modern, namun paduan railing stair dengan motif floral mampu menghadirkan sisi klasik pada hunian. Untuk makin menambah kesan klasik pada tangga, kamu bisa menambahkan karpet di bagian tengah tangga.

Suka Model Tangga yang Mana?


Model tangga rumah mewah klasik memang memiliki pangsa pasar sendiri. bagi penghuni yang menyukai desain vintage. Desain tangga bergaya klasik dengan nuansa kayu dan ukiran tentu sangat menarik perhatian. Namun, bahan besi dengan bentuk bunga, atau floral cukup layak dipertimbangkan.

Saatnya kamu mengaplikasikan desain terbaik seperti yang kamu inginkan. Apakah SobatMQ tertarik menggunakan model tangga rumah mewah klasik seperti di atas? Model tangga mana yang ingin kamu terapkan pada rumah idaman kamu? Langsung eksekusi ya.

Berikutnya MQ akan menuliskan artikel tentang model lampu gantung minimalis untuk ruang makan. Tertarik? Tungguin ya :)

Salam,
MQ

Referensi:
https://www.dekoruma.com/artikel/71749/merancang-detai-tangga
https://www.lamudi.co.id/journal/tangga-rumah-mewah/
https://www.dekoruma.com/artikel/61496/ciri-desain-vintage

Ide Bisnis MQ
Hi, selamat datang di blog Ide Bisnis MQ. Semoga Sobat MQ bisa mendapatkan sesuatu yang bermanfaat dari tulisan di blog ini. Jika ingin bekerja sama silakan email di kontak blog ya :)

Related Posts

Posting Komentar