banner-imq

Beromset Jutaan, Segini Modal Usaha Pisang Goreng Tanduk


Hi SobatMQ!
Kamu sadar nggak kalau omset penjual gorengan bisa beromset jutaan rupiah per bulan. Sekarang sudah bukan saatnya lagi memandang remeh usaha gorengan lho. Setuju nggak? karena nyatanya omset usaha makanan ringan atau usaha gorengan pinggir jalan mampu menembus angka jutaan per bulannya.

Pisang goreng green tea

Faktanya dari saluran YouTube 'Makan dan Ngemil', seorang pedagang Pisang goreng tanduk memiliki omset perbulan melebihi upah minimum kota tempat tinggal kami. Dimana angka upah minimum kota tempat tinggal kami adalah di atas 4 jutaan. Wow!

Klaim ini mungkin saja hanya berlaku pada satu dua orang saja, tapi bukan berarti kita memandang sebelah mata usaha ini kan? Mungkin kamu yang sedang bingung mau usaha apa, bisnis pisang goreng memiliki prospek yang menjanjikan.

Aneka Bisnis Pisang Goreng


Sob, saya yakin banyak sekali aneka bisnis pisang goreng yang sering kamu lihat. Sebut saja beberapa diantaranya adalah pisang goreng crispy, pisang coklat, atau pisang keju. Namun hari ini saya tidak akan membahas secara detail mengenai ketiganya. Saya akan membahas tentang pisang goreng tanduk.

Pisang goreng tanduk adalah salah satu menu makanan yang sedang hits saat ini. Dengan berbagai varian serta toping yang menggiurkan menjadikannya banyak dicari penikmat kuliner berbahan pisang.

Pisang tanduk yang memiliki bentuk memanjang dan besar, membuat orang melihatnya dengan penuh takjub. Ternyata rasanya pun tak kalah unik, rasa manis yang pas semakin sempurna dengan sedikit rasa asam khas buah pisang.

Pisang tanduk memiliki kelebihan dibanding pisang lainnya karena teksturnya yang tidak mudah letoy ketika digoreng. Orang yang baru pertama kali mencicipinya pasti langsung jatuh cinta. Makanya banyak yang langsung menyukai pisang tanduk.

Modal Usaha Pisang Goreng Tanduk


Pisang tanduk keju

Modal usaha pisang goreng tanduk bisa dimulai dengan angka minim lho. Kamu bisa lihat rincian modal usaha pisang goreng tanduk berikut ini ya. Saya akan mengambil contoh usaha pisang goreng dengan menggunakan sistem titip jual atau penjualan online.

Saya menekankan sistem penjualan, tentu saja akan berimbas pada jumlah modal yang dikeluarkan. Dengan sistem titip jual atau penjualan online maka kamu tidak perlu mengeluarkan biaya sewa tempat dan gerobak jualan pada modal awal ini. Karena penjualannya menggunakan fasilitas dari orang lain atau sistem pesan antar saja.

Cara menghitung modal usaha pisang goreng tanduk sebagai berikut:
  • 5 kg pisang tanduk isi +/- 15-20 buah Rp 45.000,- (harga Rp 9.000,- per kg)
  • 500 gram Tepung beras Rp 9.500,- (brand Rosebrand atau sejenis)
  • 1 liter minyak goreng Rp 14.000,-
  • 250 gram gula Gula halus Rp 5.000,- (brand Bola Deli Rp 20.000,- per kg)
  • 3 tetes pewarna kue Rp 500,- (merk Koepoekupu harga Rp 5.000,- per 30 mL)
  • 1 butir telur ayam Rp 2.500,-
  • 1 bungkus santan instan 65 mL Rp 3.000,-
  • Total modal bahan Rp 79.500,-
  • Packing Rp 10.000,-
Total modal yang harus dikeluarkan untuk usaha pisang goreng tanduk dengan sistem penjualan online dan titip jual sebesar Rp 89.500,- atau Rp 90.000,-

Jika dibagi dengan jumlah pisang yang dibuat harga modal per piece nya adalah Rp 1.125,- sampai Rp 2.000,- per piece nya. Satu pisang tanduk bisa dibelah menjadi 3-4 bagian, maka 15-20 buah pisang tanduk bisa menghasilkan 45-80 potong.
Harga jual pisang goreng tanduk sebesar Rp 3.000,- per piece. Dapat dikatakan bahwa omset penjualan total Pisang goreng tanduk sebesar Rp 135.000,- sampai 240.000,- per hari.
Dengan modal Rp 90.000,-. Kamu tinggal menghitung berapa omset yang bisa kamu dapatkan dalam sebulan. Omset per bulan yang kamu dapatkan berkisar Rp 4,050,000,- hingga Rp 7,200,000,-

Resep Pisang Goreng Tanduk Crispy


Pisang goreng crispy

Bahan utama
:
  • 10 buah pisang tanduk belah menjadi 3-4 bagian memanjang
  • 1 liter minyak goreng

Adonan kental:
  • 500 gram tepung beras
  • 5 sdm tepung tapioka/tepung kanji
  • 250 gram gula halus
  • 1 sdt garam
  • 500 mL air

Adonan encer:
  • 1/4 adonan kental
  • 250 mL air
  • 65 mL santan
  • 1 butir telur

Cara Membuat:
  1. Masukkan pisang yang telah diiris ke dalam adonan kental sampai semua bagian pisang tertutup.
  2. Panaskan minyak, goreng pisang, ketika pisang sudah agak menguning balik.
  3. Tuang adonan encer di atas pisang yang masih digoreng, bolak-balik hingga adonan encer mengikat pisang.
  4. Ulangi langkah ke-4 hingga mendapat mendapat ketebalan dan krispi yang diinginkan.
  5. Lakukan hingga pisang habis
Oh ya kalau kamu sudah memiliki usaha, jika ingin bisnismu naik level, jangan lupa untuk mendaftarkannya sebagai usaha rumahan yang memiliki badan hukum. Usaha yang memiliki badan hukum yang jelas, tentu saja berpeluang lebih besar menjadi bisnis yang cepat naik kelas.

Kalau bisnis sudah naik kelas, jangan lupa kewajiban sebagai warga negara yang baik untuk taat pajak. Untuk urusan pajak kamu bisa mempercayakan pada Konsultan pajak Surabaya.

Konsultan pajak Surabaya adalah penyedia jasa konsultasi di bidang perpajakan. Badan usaha ini berada dibawah naungan PT Integrasi Konsultan Indonesia (isipajak.com). Kantor penyedia konsultasi ini siap memberikan solusi terbaik hingga pendampingan urusan perpajakan usaha kamu Sob.

Kamu bisa mempercayakan urusan perpajakan badan usaha, maupun individu, pada Konsultan pajak Surabaya. Kamu juga bisa memilih jasa mana yang sesuai dengan kebutuhan usah kamu termasuk juga pelatihan pajak online.

Jangan ragu untuk langsung berkomunikasi dengan mengunjungi website https://isipajaksurabaya.com/konsultan-pajak-surabaya ini. Saatnya SobatMQ fokus pada pengembangan usaha, urusan pajak serahkan pada Konsultan pajak surabaya. Sepakat?

Salam,
MQ
Ide Bisnis MQ
Hi, selamat datang di blog Ide Bisnis MQ. Semoga Sobat MQ bisa mendapatkan sesuatu yang bermanfaat dari tulisan di blog ini. Jika ingin bekerja sama silakan email di kontak blog ya :)
Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar