banner-imq

Cantik! Ini Model Lampu Gantung Minimalis Ruang Makan dan Harganya


Hi SobatMQ!
Kalau kemarin kita sudah ngomongin perihal desain tangga untuk rumah mewah klasik, nah sekarang saatnya kita beralih ke lampu gantung minimalis untuk ruang makan. Ada yang tertarik nggak? Jika ingin rumah tampil indah menawan, penggunaan lampu gantung wajib kamu berikan sebagai sentuhan akhir Sob.

Lampu gantung atau disebut juga pendant lamp merupakan ornamen rumah yang memberikan kesan estetik plus mewah. Nah, kalau kamu berniat memasang lampu gantung untuk hunianmu juga, kamu bisa menyimak artikel MQ berikut ini ya.

Jenis-jenis Lampu Gantung


Jenis-jenis lampu gantung atau pendant lamp berdasarkan bentuknya terbagi menjadi beberapa jenis yaitu lampu gantung linear, lampu gantung silinder, lampu gantung kubah, hingga bentuk kerucut.

Lampu gantung minimalis

Sedangkan, berdasarkan gaya yang diusung, lampu gantung memiliki beberapa jenis, yaitu:
  • Lampu gantung kontemporer atau lampu dengan model kekinian yang up-to-date.
  • Lampu gantung klasik, yaitu lampu gantung model chandelier yang menyertakan tempat lilin dengan bohlam di tengahnya.
  • Lampu gantung abstrak yaitu lampu gantung dengan karya customized dari sang desainer lampu gantung.
  • Lampu gantung minimalis adalah jenis lampu gantung yang sederhanan dengan sedikit hiasan atau detail hiasan.
  • Lampu gantung eklektik yaitu desain lampu gantung yang menggabungkan semua unsur dari ragam gaya desain sehingga menghasilkan model lampu yang menarik. Ada percampuran gaya kontemporer dan klasik dalam desain lampu eklektik.

Pada pembahasan kali ini, MQ akan berfokus pada model lampu gantung minimalis ya. Siapa yang menginginkan model rumah simpel, namun tetap eye catching dan estetik? Penambahan lampu gantung cocok untuk memberikan nuansa modern namun tetap memberi kesan hangat pada desain rumah.

Lampu Gantung Minimalis


Lampu gantung minimalis menjadi pilihan desain rumah yang mengusung konsep Japandi, maupun klasik. Desain rumah hingga perabot yang menggunakan konsep minimalis akan menarik sepanjang masa, hal ini dikarenakan desain minimalis tampak netral terhadap perkembangan zaman dan budaya.

Pada lampu gantung minimalis lebih banyak menggunakan material kayu atau besi dengan bentuk yang simple tanpa mengedepankan detail desain. Namun ada juga model lampu minimalis yang terbuat dari kaca. Oleh karena itu, desain lampu minimalis tampak manis dipadukan dengan tema rumah apapun.

Sebelum membeli lampu gantung, kamu bisa memperhatikan tips memilih lampu gantung berikut ini.

Tips Memilih Lampu Gantung


1. Pilih material yang sesuai dengan gaya rumah


Material penyusun lampu gantung terdiri dari berbagai material. Kamu bisa menggunakan material dari kayu, besi, hingga kaca. Pemilihan material sangat erat kaitannya dengan tema yang ingin ditampilkan.

Jika kamu ingin menonjolkan kesan hangat, pemilihan material kayu sangat cocok sebagai pilihan. Material kayu yang natural membawa kesan hangat yang kental. Selain itu material kayu juga sudah mengalami metamorfosa, dari kayu alami hingga kayu sintetis, sehingga harganya bisa disesuaikan dengan budget pribadi.

Lampu gantung dengan material besi juga bisa kamu aplikasikan pada hunian, namun yang perlu diperhatikan adalah pada bagian instalasi. Lampu dengan material besi memiliki beban yang tidak ringan, untuk itu penting untuk memperhatikan bagian instalasi agar kokoh dan tidak mudah jatuh.

2. Sesuaikan dengan tema hunian


Gaya lampu gantung yang beragam tentu saja membuat kamu bingung. Makanya sebelum membeli lampu gantung, kamu sudah mengetahui tema rumah yang kamu usung.

Tema rumah dengan gaya Japandi, yaitu perpaduan gaya rumah model Jepang dan Skandinavia yang mengutamakan desain minimalis dan fungsi. Gaya rumah Japandi juga cocok menggunakan lampu jenis kaca hingga terlihat mewah.

Sedangkan rumah dengan gaya klasik lebih cocok dengan model lampu gantung yang antik yang disertai dengan tempat lilin model chandelier.

3. Ukuran lampu gantung


Ukuran lampu gantung juga berpengaruh terhadap kesesuaian desain rumah dan perabot lainnya. Tidak selamanya lampu gantung kecil untuk ruangan kecil, dan lampu gantung besar untuk ruangan besar. Kamu perlu mempertimbangkan berbagai aspek agar bisa mengetahuinya.

Seperti mengutip dari pernyataan arsitek Adil Mochtar dalam id.my-best.com mengatakan, "Penentuan lokasi lampu gantung yang cermat agar bisa menentukan ukuran lampu gantung yang tepat sesuai kebutuhan.”

Lantas, model lampu gantung seperti apa yang cocok untuk desain rumah minimalis terutama ruang makan? Mari kita bahas model lampu gantung minimalis untuk ruang makan berikut ini.

Model Lampu Gantung Minimalis Ruang Makan


Kalau kamu ingin menggunakan lampu gantung, berikut ini beberapa jenis desain model lampu gantung minimalis yang bisa kamu terapkan untuk ruang makan di rumah ya Sob.

1. Lampu gantung kristal LED


Lampu kristal LED

Lampu gantung kristal dengan lampu LED disertai model kabel memanjang dari atas ke bawah sangat cocok terpasang di ruang makan kamu. Kamu bisa menempatkan jumlah ganjil seperti 3 atau 5 buah lampu dengan model melingkar tergantung seberapa tinggi atap rumah.

Pilihan warna lampu terang, kuning, hingga putih juga bisa disesuaikan dengan kesan apa yang ingin ditonjolkan. Harga lampu gantung kristal LED ini dibanderol mulai dari Rp 787.000,- satu set untuk lampu ruang makan

2. Lampu gantung model kerucut yang elegan


Lampu minimalis ruang makan

Lampu gantung dengan kabel suspensi hingga sepanjang 1,36 meter ini sangat cocok untuk ruang makan minimalis. Warna lampu yang monokrom setinggi 36 cm ini cocok di setting di atas meja makan berukuran 4-6 kursi. Lebar tiga buah lampu yang disusun berjajar ini akan menambah kesan hangat pada ruang makan.

Lampu bergaya Eropa ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 123.000,- dengan aksesoris berupa kap lampu, dudukan, pilar dan aksesoris perlengkapan. Ingat, bahwa lampu LED dibeli secara terpisah ya.

3. Lampu gantung bulat kristal


Lampu kristal kubah

Meskipun rumah kamu mengusung konsep rumah minimalis, penggunaan aksesoris berbahan kristal tentu tak jadi soal. Kamu bisa menggunakan lampu gantung ruang makan berbahan kristal seperti ini.

Temaram warna kuning dari bohlam menambah kesan mewah pada ruang makan minimalis. Harga untuk satu set lampu gantung bulat kristal mulai dari Rp 166.000,- belum termasuk harga bohlam.

4. Lampu Gantung model geometri


Lampu gantung geometri

Desain lampu gantung untuk ruang makan yang bisa kamu terapkan pada hunian adalah lampu gantung model geometri. Model geometri yang kamu lihat pada ruang makan, bisa jadi menjadi inspirasi kamu.

Ada model kubus, diamond, segitiga bahkan model tabung. Harga lampu gantung bentuk geometri ini dijual seharga Rp 169.000,- tanpa lampu ya Sob.

5. Lampu gantung kubah model besi 3 susun


Lampu minimalis modern

Lampu gantung kubah model 3 susun dengan material besi makin menambah kesan minimalis pada hunian. Warna hitam atau abu-abu yang diberikan pada kap lampu dengan bentuk bersegi-segi membuat kesan minimalis makin terasa.

Lampu ini dapat disusun berdampingan maupun bertingkat, sesuai keinginan. Harga lampu gantung kerucut model geometri ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 155.000,- tanpa bohlam.

Masih banyak lagi jenis model lampu gantung yang bisa kamu aplikasikan pada ruang makan di rumah. Meskipun model lampu gantung minimalis ruang makan ini sangat beragam dan menarik perhatian, tak ada salahnya untuk mendiskusikan dengan desain interior kamu sebelum membelinya. Tujuannya agar desain rumah kamu saling menguatkan. Lebih baik teliti sebelum membeli, agar tidak kecewa di kemudian hari. Semoga bermanfaat ya Sob!

Salam,
MQ

Referensi:
10 Fakta Lampu Gantung yang Wajib Anda Ketahui
https://www.homify.co.id/ideabooks/5996204/10-fakta-lampu-gantung-yang-wajib-anda-ketahui
10 Lampu gantung Terbaik
https://id.my-best.com/138294
https://s.shopee.co.id/
Ide Bisnis MQ
Hi, selamat datang di blog Ide Bisnis MQ. Semoga Sobat MQ bisa mendapatkan sesuatu yang bermanfaat dari tulisan di blog ini. Jika ingin bekerja sama silakan email di kontak blog ya :)
Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar