banner-imq

Terapkan! 3 Inspirasi Taman Dalam Ruangan Tertutup Bikin Rumah Makin Asri


Hi SobatMQ!
Punya taman dalam ruangan tertutup atau indoor garden sekarang bukan hanya sekadar khayalan lho. Kamu bisa mewujudkan impian indahmu ini dengan membuat hunian dengan taman di dalamnya. Apakah ini salah satu impian kamu? Jika iya, sebentar lagi kamu akan mendapat informasi menarik seputar indoor garden.

Apakah susah untuk membuat indoor garden? Tentu saja tidak! Siapkan saja dananya dan space lokasi taman indoor, setelah itu langsung eksekusi. Kamu bisa mulai membuat taman indoor seperti yang kamu impikan.

Taman Dalam Ruangan Tertutup Rumah Minimalis Modern


Taman dalam ruangan tertutup

Membuat taman dalam ruangan tertutup akan membuat rumah tampak asri dan catchy. Namun, satu hal yang perlu kamu persiapkan sebelum membuat taman dalam rumah tentu saja biaya. Perhitungan biaya yang matang akan membuat kamu memiliki gambaran berapa biaya untuk membuat taman dalam rumah.

Saya pribadi tentu saja lebih mempercayakan pada profesional dalam membuat taman dalam rumah hahaha. Bukan karena saya tidak percaya dengan kemampuan pribadi, tetapi karena saya tidak ingin kelebihan budget dalam mendesain taman impian.

Selain itu, jasa profesional tentu memberikan inspirasi yang lebih beragam dan mendekati impian saya dalam desain taman dalam rumah yang saya impikan. Jadi, tak mengapa membuat taman ala-ala jika belum memiliki budget yang cukup. Sebagai gantinya kamu bisa membaca artikel MQ sebagai inspirasi kamu ya :)

Inspirasi Taman Dalam Rumah Minimalis Modern


Memiliki taman di dalam rumah memiliki banyak manfaat, selain untuk keindahan, tanaman juga mampu memberikan kesan segar dan damai. Dengan adanya taman indoor, kamu bisa mewujudkan keinginan untuk dapat menikmati suasana alam meskipun hanya berada di dalam ruangan. Beberapa inspirasi taman dalam rumah yang bisa kamu terapkan pada hunian kamu sebagai berikut:

1. Taman aquascape


Aquascape

Taman aquascape adalah taman dalam air. Taman aquascape merupakan taman yang dibuat dalam sebuah akuarium besar dengan berbagai ornamen tanaman di dalamnya, tampilannya dibuat benar-benar mirip dengan taman bawah laut.

Bisa dibayangkan sendiri sambil duduk di kursi dalam rumah, kamu bisa menikmati pemandangan alam bawah air. Tentu saja suasana hati makin damai. Pilihan tanaman, jenis dekorasi, dan warna hijau menambah asri rumah serta hati kamu hehe.

2. Taman kering


Taman kering

Taman kering sangat cocok dibuat untuk memenuhi keinginan pemilik rumah yang menginginkan dekat dengan alam meskipun di dalam ruangan. Adanya tumbuhan hijau dalam ruangan menambah kesejukan dan kenyamanan bagi pemilik. Taman kering sangat cocok diterapkan dalam ruangan tertutup, karena tetap mendapatkan visual alami meski dari dalam ruangan saja.

Membangun taman kering di dalam rumah hendaknya memadukan media tanam dengan batu kerikil yang cantik agar taman yang kamu buat semakin menarik. Batu kerikil juga mampu meminimalisir kotoran dari media tanam menyebar ke sisi lain dalam ruangan. Jadi selain sebagai peredam kotoran dari media tanam, kerikil juga bisa menambah kesan artistik kan?

3. Taman rumah dengan kolam


Kolam dalam rumah

Punya keinginan memiliki taman dalam rumah juga bisa kamu wujudkan dengan memiliki taman dengan dengan kolam. Memadukan konsep taman dengan kolam ikan membuat hunian kamu makin asri. Kamu tinggal menambahkan beberapa tanaman air sebagai pelengkap taman indoor.

Tips Memilih Tanaman Untuk ditanam Dalam Rumah


Sob, memilih jenis tanaman yang bisa ditanam di dalam ruangan hendaknya harus benar-benar tanaman yang tepat. Salah memilih tanaman bisa merepotkan dalam hal perawatan. Kamu nggak mau khan tanaman yang baru di tanam dalam taman indoor kamu harus diganti gara-gara mati karena hama atau salah perawatan.

Sebelum memutuskan jenis tanaman apa yang harus kamu tanam sebagai pemanis di taman kamu, berikut ini adalah tips memilih jenis tanaman yang baik untuk ruangan Tertutup.

1. Pilih tanaman yang minim perawatan


Jenis tanaman yang cocok ditanam di dalam ruangan adalah tanaman yang tidak membutuhkan perawatan yang intensif. Kamu bisa memilih tanaman yang minim perawatan. Kamu pasti tahu bahwa taman indoor tentu memiliki keterbatasan dalam hal nutrisi dan cahaya. Selain itu tentu saja kamu juga akan kewalahan jika setiap hari harus merawat tanaman kan.

2. Tidak membutuhkan banyak air


Sudah lazim jika tanaman membutuhkan banyak air, tetapi ada beberapa jenis tanaman tertentu yang tidak membutuhkan terlalu banyak air. Jenis tanaman seperti ini sangat cocok sebagai pemanis taman indoor kamu, Moms!

3. Pilih jenis tanaman yang tidak berdaun


Tanaman berdaun biasanya membutuhkan banyak air dan perawatan ekstra. Kamu bisa memilih jenis tanaman yang minim daun untuk mengurangi sentuhan tangan pemilik agar membuatnya tetap hidup.

Jenis tanaman apa saja yang cocok ditanam indoor. Berikutnya kita akan membahas beberapa jenis tanaman yang bisa kamu tanam di dalam ruangan tertutup.

Jenis Tanaman yang Cocok Untuk Taman Dalam Rumah


1. Kaktus


Tanaman kaktus termasuk jenis tanaman yang sangat cocok untuk taman dalam ruangan tertutup. Kaktus termasuk jenis tanaman yang tidak membutuhkan banyak air dan minim perawatan. Kaktus merupakan salah satu tanaman yang mampu menampilkan pesonanya.

Meskipun tidak memiliki daun, tetapi kaktus semakin diminati pecinta taman indoor. Alasannya minim perawatan. Kaktus tidak membutuhkan banyak air serta tidak berdaun, inilah yang menjadikannya banyak dipilih sebagai tanaman favorit untuk taman dalam rumah.

Daun yang berbentuk duri serta batang yang menyimpan banyak cadangan air, membuat kaktus mampu bertahan dalam kondisi kering sekalipun. Kaktus yang memiliki berbagai varian menjadikannya semakin eksotis dan digemari.

Jenis kaktus koboi sangat cocok jadi salah satu penghuni taman dalam ruangan tertutup yang kamu rancang. Selain memiliki bentuk dan warna yang unik, kaktus koboi memiliki duri yang kecil, sehingga aman jika diletakkan di dalam rumah.

2. Sukulen


Sukulen termasuk jenis tanaman yang minim perawatan dan tidak membutuhkan banyak cahaya matahari. Oleh karena itu tanaman jenis sukulen sangat cocok jika menjadi salah satu item di tanaman dalam rumah. Ternyata sukulen juga memiliki varietas dengan beragam warna lho. Selain hijau, sukulen juga memiliki warna pink, hingga ungu.

Intensitas jumlah cahaya matahari yang mengenai sukulen dapat mempengaruhi warna daunnya. Selain itu, sukulen juga dapat berubah warna jika terjadi perubahan suhu atau karena hama. Namun, sukulen termasuk jenis tanaman yang bisa hidup di dalam ruangan.

3. Sirih Gading (Golden pothos)


Sirih gading atau Golden pothos bisa dijadikan sebagai salah satu tanaman untuk taman vertikal di dalam rumah. Meski membutuhkan cahaya agar warnanya tetap indah, kamu bisa mengatur lokasi taman agar tetap mendapat cahaya matahari. Cahaya berfungsi untuk menjaga warna sirih gading tetap kuning sempurna.

4. Lidah Mertua (Snake plant)


Lidah mertua atau sansevieria juga cocok untuk dijadikan tanaman dalam rumah. Tanaman jenis sansivera tidak membutuhkan banyak air dan minim sampah. Oleh karena itu, tanaman dengan bentuk daun panjang ini sangat cocok jika ditanam sebagai tanaman indoor. Bahkan ketika memiliki bunga, sansevieria menghasilkan bunga putih yang cantik.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Universitas Harvard menyebutkan bahwa Sansevieria merupakan jenis tanaman yang sangat cocok ditanam di dalam ruangan. Hal ini karena lidah mertua dapat menghisap polutan seperti CO2 serta mengubahnya menjadi oksigen di malam hari.

Yuk, Bikin Taman Indoor Sekarang!


Sekarang kamu sudah mengetahui inspirasi taman dalam ruangan Tertutup serta pilihan tanaman yang cocok di dalamnya. Siap punya taman indoor untuk hunian kamu? Taman dalam ruangan tertutup membutuhkan perhitungan dalam pembuatannya. Selain mempertimbangakan biaya, posisi dan aliran air, kamu juga harus mempertimbangkan efek pencahayaan.

Taman tanpa cahaya matahari sama sekali membutuhkan cahaya buatan dari lampu. Kamu bisa memainkan efek pencahayaan agar taman terlihat eksotis dan menarik. Sekarang kamu sudah mendapat bayangan bagaimana membuat taman dalam ruangan tertutup kan? Next, MQ mau membahas tentang model tangga rumah mewah klasik nie. Selamat membaca. Semoga bermanfaat:)

Salam,
MQ

Referensi
https://tribratanews.polri.go.id/blog/kesehatan-7/dahsyat-5-manfaat-bunga-lidah-mertua-bagi-kesehatan-salah-satunya-cegah-kanker
Ide Bisnis MQ
Hi, selamat datang di blog Ide Bisnis MQ. Semoga Sobat MQ bisa mendapatkan sesuatu yang bermanfaat dari tulisan di blog ini. Jika ingin bekerja sama silakan email di kontak blog ya :)

Related Posts

Posting Komentar