banner-imq

Untung Rugi Pakai QRIS, Wajib Tahu Sebelum Menerapkannya!

8 komentar

Hi SobatMQ!
QRIS sudah menjadi salah satu bagian yang lazim digunakan dalam bertransaksi oleh masyarakat di era modern seperti sekarang ini. Dimana pastinya banyak diantara kamu yang sudah sering mendengar tentang istilah QRIS sendiri. 

QRIS menjadi salah satu sarana atau alternatif pembayaran yang begitu populer untuk masyarakat di zaman sekarang, dimana tidak perlu lagi bawa uang secara tunai jika ingin melakukan pembayaran saat bertransaksi, karena cukup menggunakan QRIS saja sudah bisa.

Keuntungan Menggunakan QRIS


Manfaata pakai QRIS

Seperti yang diketahui bahwa ada banyak masyarakat Indonesia yang aktif dalam menggunakan QRIS untuk menunjang kebutuhan dalam bertransaksi. Apalagi sebenarnya keberadaan dari QRIS memang memberikan berbagai macam keuntungan yang sulit untuk ditolak, diantaranya adalah:

1. Praktis dan cepat


Kamu sendiri tentunya sudah merasakan betapa lamanya antri di toko atau gerai yang hanya menerima sistem pembayaran secara tunai. Dimana harus menghitung uang, memberikan kembalian serta memeriksa keaslian dari uang tersebut. Sehingga membutuhkan waktu lama. 

Namun berbeda dengan transaksi berbasis digital seperti diantaranya adalah lewat QRIS ini, semuanya menjadi jauh lebih cepat karena ada banyak hal yang dapat dihilangkan atau tidak perlu dilakukan, praktis juga transaksi tersebut.


2. Tidak perlu banyak kode QR


Bagi vendor atau merchant sendiri pastinya sudah tahu, bahwa dengan adanya QRIS maka nanti tidak perlu memakan banyak kode, melainkan hanya dengan satu QRIS statis saja sudah dapat dipakai menerima pembayaran secara mudah. Transaksi nantinya juga dapat dilakukan tanpa batasan yaitu selama 24 jam full.

3. Aman dari resiko-resiko yang tidak diinginkan


Transaksi yang dilakukan secara non tunai, misalnya adalah tanpa memakai uang tunai dapat digunakan untuk mencegah resiko peredaran uang palsu. Kesalahan pencatatan serta dalam memberikan kembalian. Karena semuanya otomatis hanya dengan bermodalkan sebuah perangkat saja, sehingga jadi lebih aman.

4. Tanpa perlu mengelola uang tunai


Bentuk uangnya secara digital dan langsung masuk ke rekening, sehingga untuk para pemilik usaha ataupun seorang konsumen juga tidak perlu lagi membawa uang tunai secara langsung, semua transaksi bisa dilakukan secara lebih praktis hanya dengan satu scan. Resiko kehilangan uang nantinya juga dapat diminimalisir.

5. Meningkatkan transaksi dalam bisnis


Khusus untuk para pelaku bisnis atau pengusaha, dengan kamu menyediakan layanan atau transaksi lewat QRIS, maka ada potensi besar untuk membuat bisnis jadi lebih berkembang, karena target market bertambah, tidak hanya orang-orang yang melakukan transaksi secara tunai saja, melainkan juga non tunai.

Kekurangan Transaksi Pakai QRIS


QRIS

Sayangnya sebanding dengan berbagai macam kelebihan yang dapat kamu rasakan dengan bertransaksi lewat QRIS sebenarnya juga ada begitu banyak kekurangan yang bisa saja terjadi, diantaranya adalah:

1. Rawan mengalami error atau gangguan teknis 


Salah satu kekurangan jenis transaksi yang dilakukan secara digital adalah kemungkinan untuk mengalami error atau gangguan secara teknis, karena memang dilakukan oleh sistem. Jika sudah mengalami kondisi semacam ini otomatis nantinya akan mengganggu jalannya transaksi.

2. Belum mampu menjangkau masyarakat secara luas


Sayangnya memang jika dilihat layanan dari QRIS sendiri belum bisa digunakan untuk menjangkau masyarakat banyak atau konsumen secara luas. Hal ini dikarenakan adanya batasan sosial, apalagi antara masyarakat yang tinggal di kota besar sampai dengan di desa atau pelosok, tentu belum semua bisa menikmatinya.

3. Adanya potongan biaya


Bahkan aturan baru yang berlaku belakangan ini adalah, bahwa nantinya konsumen yang melakukan transaksi lewat QRIS akan dikenai dengan potongan biaya. Kebijakan baru semacam ini tentunya mengharuskan kamu untuk lebih siap jika menerima transaksi atau pembayaran melalui layanan QRIS.

Pertimbangkan lagi antara untung dan ruginya sebelum pakai. Jika ingin punya QRIS untuk bisnis, maka pastikan SobatMQ terlebih dahulu bergabung sebagai merchant. Caranya dengan mendaftarkan diri sebagai bagian dari merchant BCA.

Pendaftarannya sangat mudah karena pendaftarannya bisa dilakukan secara online, sehingga tidak perlu kemana-mana. Sebelum itu pastikan bahwa SobatMQ sudah download aplikasi Merchant BCA lewat Google Playstore untuk pengguna Android atau melalui Appstore bagi pengguna iOS.

Salam,
MQ
Ide Bisnis MQ
Hi, selamat datang di blog Ide Bisnis MQ. Semoga Sobat MQ bisa mendapatkan sesuatu yang bermanfaat dari tulisan di blog ini. Jika ingin bekerja sama silakan email di kontak blog ya :)

Related Posts

8 komentar

  1. Beberapa kafe di resto di mal di Surabaya menerapkan pembayaran non-tunai, tidak terima cash. Hanya via QRIS. Kayaknya dari owner, menghindari kecurangan dari karyawan juga. Kan duit langsung masuk ke rek pemilik.

    BalasHapus
  2. Aku udah mulai pakai Qris sekarang kalau belanja, nggak usah repot bawa kartu ATM, hehe. Praktis banget jadinya, apalagi kalau bawa bocil nggak usah lama-lama ngeluarin uang dari dompet.

    BalasHapus
  3. Saya juga suka pakai qris karena lebih praktis tinggal scan langsung bisa bayar. Tapi nggak sukanya kalo harus masukin jumlah yang harus dibayar.

    BalasHapus
  4. BENER BANGETTT!!! Sekarang tuh aku jadi males bayar pake cash, udah keenakan pake QRIS haha. Ambil uang cash cuma buat belanja ke tukang sayur atau pasar tradisional aja, karena mereka nggak pake QRIS kan. Saking enaknya, kadang sampe nggak kerasa transaksi langsung sruuut... sruttt... Ini kelebihan sekaligus kekurangan QRIS menurutku wkwk. Transaksi apapun jadi nggak kerasa mbak, tau-tau uang habis aja gitu. Apa cuma aku doang yang merasa begitu?

    BalasHapus
  5. Dengan adanya Merchant BCA semua transaksi menjadi mudah dan lebih praktis. Tidak perlu repot membawa uang tunai, semua bisa dilakukan dengan transaksi non tunai.

    BalasHapus
  6. Qris ini memudahkan transaksi tapiii ada kelemahan di saya pribadi...karena buru2 suka kelebihan 0 misal 15rb jadi 150rb lhoo....
    Untung cek ricek lagi pas nunjukin ke kasir...

    BalasHapus
  7. Saya sendiri belum terlalu sering melakukan pembayaran dengan Qris. Paling saat benar-benar tidak memegang uang tunai. Apalagi kalau nantinya diberlakukan biaya admin, Emak semakin pikir-pikir lagi. He-he.

    BalasHapus
  8. saya pun menggunakan QRIS dalam beberapa bulan belakangan ini karena lebih simpel dan praktis pastinya, tapi belum pernah cobain cek sih kalau ada kena biaya di bank yang saya pakai dan betul banget jangkauannya belum luas, semoga kedepannya makin luas

    BalasHapus

Posting Komentar