banner-imq

Sudah Tahu 4 Manfaat Bermain Game Online Menurut Para Ahli? Cek disini!

1 komentar

Hi SobatMQ!
Pernahkah kamu bermain game online? Bermain game online sering disebut memiliki banyak dampak buruk. Benarkah demikian? Alasannya karena permainan ini berbasis internet dan menggunakan gadget secara intens, banyak orang berpikir dampak langsungnya saja.

Sejatinya, jika dilakukan dengan bijak, bermain game online memiliki banyak manfaat. Ada beberapa manfaat bermain game online menurut para ahli. Kita simak beberapa fakta berikut ini yuk :)

Manfaat Bermain Game Online Menurut Para Ahli


Manfaat bermain game online menurut para ahli

Game online adalah permainan yang dimainkan menggunakan PC atau ponsel dengan fasilitas internet. Selama masih terhubung dengan jaringan internet, pengguna bisa bermain dimanapun dan kapanpun. Tidak terbatas waktu. Anytime bisa nge-game asalkan internet lancar.

Jumlah pengguna internet yang semakin meningkat setiap tahunnya membuat jenis permainan online semakin digemari. Data dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menyebutkan jumlah pengguna internet di Indonesia sebanyak 221 juta dari 278 total penduduk Indonesia di tahun 2024. Artinya hampir 80% penduduk Indonesia adalah pengguna internet.

Pembatasan mobilitas sejak pandemi Covid-19 menjadikan pola hidup masyarakat berubah. Selain pola hidup bersih, masyarakat cenderung melakukan aktivitas secara daring atau virtual. Termasuk untuk menjalankan hobi atau sesuatu yang menyenangkan, salah satunya bermain game online.

Semua orang lintas usia pun mulai menggemari permainan virtual dibanding permainan tradisional. Apalagi generasi Z hingga alpha. Mereka sudah terbiasa dengan lifestyle berbasis teknologi. Generasi emas Indonesia ini lebih akrab dengan game online.

Nah, kalau ditinjau dari dampak positifnya, ada beberapa manfaat bermain game online menurut para ahli bagi anak-anak. Mari kita simak manfaatnya berikut ini:

1. Meningkatkan daya kritis pada anak


Bermain game online mampu meningkatkan daya pikir kritis pada buah hati. Bayangkan saja, ketika mereka sedang berjuang bagaimana memenangkan pertandingan virtual, mereka harus mencari cara agar bisa mencapai tujuan itu. Kondisi pertarungan sengit menuntut mereka untuk adu strategi serta skill terbaik.

"Ketika sedang menyelesaikan misi, kamu harus menggunakan strategi yang tepat. Untuk itu otak akan berpikir dan mencoba berbagai inovasi untuk memenangkan pertarungan melawan musuh. (Zurich, 2019)


2. Melatih kreativitas dan daya imajinasi anak


Permainan game bagi anak juga mampu meningkatkan sisi imajinatif dan kreativitas mereka lho. Anak-anak yang terlibat langsung dengan permainan tertentu seperti mobile legend, mereka diharuskan menyelesaikan misi secara tepat dengan catatan waktu yang singkat. Semakin baik kemampuan imajinasi anak, semakin cepat pula mereka mendapatkan solusi dan segera dapat menuntaskan misi.

Game dapat meningkatkan kemampuan imajinasi, membuat solusi, membangun pengalaman, pengetahuan dan menambah pengalaman sesuai perkembangan usia anak." (Akman & Guchan, 2015).


3. Meningkatkan kemampuan interaksi dan komunikasi


Mcpherson dkk., menyatakan bahwa permainan game online dapat mendorong kemampuan komunikasi dan interaksi sosial antar pemain. Semua pemain yang terlibat dalam permainan game online berasal dari berbagai lapisan usia.

Disini mereka 'dipaksa' untuk dapat bekerja sama serta berstrategi dengan baik. Mau tidak mau cara interaksi yang bisa dilakukan dengan komunikasi. Disinilah mereka dapat melatih kemampuan komunikasi sosialnya.

4. Melatih fokus dan konsentrasi anak


Menurut penelitian yang dilakukan oleh New York University Rochester menyebutkan bahwa orang yang sering bermain game online memiliki daya fokus yang lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak bermain game.

Meski demikian, permainan game online tanpa aturan dan berlebihan akan memberi dampak negatif. Mari kita lihat dampak negatif dari game online.

Dampak Negatif Bermain Game Online


Tak dapat dipungkiri bila bermain online secara terus menerus tanpa batasan waktu tentu saja memiliki dampak buruk. Memainkan gim menggunakan gadget secara berlebihan akan berdampak pada kesehatan mata, pola hidup, serta semangat belajar yang menurun.

Intensitas permainan game online perlu dibatasi dengan aturan yang ketat. Utamanya bagi anak-anak yang masih membutuhkan pantauan khusus orang tua.

Hendaknya bermainlah game online secara bijak. Tetapkan waktu bermain yang teratur serta batasi waktu bermain secara disiplin. Dengan demikian, dampak buruk dari game online dapat diatasi dan bisa mengambil manfaat dari bermain game online seperti yang disebutkan di atas.

Game Online Mobile Legend: Bang Bang


Manfaat bermain game

Bagi SobatMQ yang tertarik untuk mendapatkan manfaat positif dari permainan game online, kamu bisa mencoba game online Mobile Legend: Bang Bang. Game online Mobile Legend: Bang Bang merupakan salah satu game online favorit.

Sebagai salah satu gim e-sport, Mobile Legend: Bang Bang bisa didownload secara gratis di Playstore atau iOS. Pengembang game online ini adalah Shanghai Moonton Technology, perusahaan gim asal Tiongkok. Sebagai gim ponsel, mobile legend telah digemari di berbagai negara. Basis terbesar pemainnya adalah di wilayah Asia Tenggara seperti Malaysia, Filipina, Thailand dan tentu saja Indonesia.

Game online Mobile Legend: Bang Bang ini sangat populer sejak tahun 2021. Gim yang dimainkan secara berkelompok 5 lawan 5 ini memiliki basis pemain aktif berjumlah jutaan di Indonesia.

Mobile Legend: Bang Bang merupakan permainan yang memiliki misi mempertahankan markas dari serangan musuh. Untuk itu diperlukan 'hero' dengan beragam skill. Semakin banyak skill hero, pastinya semakin mudah mempertahankan markas. Skill yang wajib dimiliki hero mulai dari skill pasif, aktif, hingga ultimate skill (skill terkuat).

Agar dapat menyelesaikan misi ini dengan cepat, kamu bisa top up ML untuk meningkatkan performa dengan tambahan diamond. Apalagi jika kamu menggunakan strategi tepat, permainan menjadi semakin menantang. Kamu sudah pernah nyobain game mobile Legend: Bang Bang? Kira-kira menurut SobatMQ apa sih manfaat bermain game online? Sharing dong.

Salam,
MQ

Referensi:
https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/nanaeke/article/view/26721/13266
https://www.raisesmartkid.com/3-to-6-years-old/4-articles/34-the-good-and-bad-effects-of-video-games

Ide Bisnis MQ
Hi, selamat datang di blog Ide Bisnis MQ. Semoga Sobat MQ bisa mendapatkan sesuatu yang bermanfaat dari tulisan di blog ini. Jika ingin bekerja sama silakan email di kontak blog ya :)
Terbaru Lebih lama

Related Posts

1 komentar

  1. Wah aku belum pernah coba main Mobile Legend ini, kalau anak-anak biasa main Baby Panda sih
    Untuk beberapa mainan yang merangsang otaknya untuk berpikir seperti tetris dan sejenisnya lumayan bisa melatih logika berpikirnya

    BalasHapus

Posting Komentar