banner-imq

Bikin Penasaran! Berapa Gaji Blogger Pemula?

7 komentar

Hi SobatMQ!
Tahukah kamu kalau banyak orang yang menjadi bloger sebagai jalan untuk membuktikan eksistensi dan aktualisasi diri. Selain itu, ngeblog juga bisa jadi sebagai cara untuk menghasilkan uang dari rumah. Namun, pernahkah kamu menebak berapa gaji blogger pemula?

Gaji blogger pemula

Dari banyaknya pertanyaan umum ini, masih banyak juga yang penasaran seperti “memangnya menjadi bloger bisa mendatangkan penghasilan?" Atau kalangan dekat yang tak segan bertanya, "berapa penghasilan seorang penulis blog?"

Menjadi bloger memang bukan sesuatu yang lumrah bagi kebanyakan orang. Masyarakat awam masih belum akrab dengan jenis pekerjaan ini. Di circle saya saja masih banyak yang asing mengenai istilah blog atau bloger. Padahal banyak sekali jenis-jenis pekerjaan yang bisa diambil oleh seorang narablog.

Jenis-jenis Job Blogger


Sejak memutuskan menjadi blogger beberapa tahun silam, saya mulai serius membangun blog pribadi sebagai penulis di blog Mom Queen. Aktivitas blog dan blogging ini menjadi sesuatu yang menyenangkan bagi saya. 

Selain menulis merupakan passion yang saya sukai, ketika menulis artikel di blog itulah, saya baru menyadari bahwa saya bisa mendapatkan penghasilan lewat tulisan.

Mulailah saya menjajaki karir sebagai pemilik blog pribadi. Membangun blog pribadi dan membuat berbagai postingan setiap bulan, menjadikan saya banyak mendapat tawaran menulis. Tidak hanya dari dalam negeri, tetapi juga dari luar negeri. Alhamdulillah.

Penghasilan yang saya dapatkan pun bukan hanya dalam mata uang rupiah saja, tetapi juga dollar. Siapa yang tak senang? Selama ini saya menganggap bahwa aktivitas merangkai kata ini hanya sekadar hobi. Memanfaatkan sisa waktu. Rupanya menjadi blogger juga bisa mendatangkan cuan.

Dari mana saja job-job bloger? Berikut ini jenis-jenis job yang bisa didapatkan oleh penulis blog.

1. Job Review


Job review adalah pekerjaan menulis yang bertujuan memberikan ulasan produk atau jasa kepada pembaca. Tulisan ini bermaksud menyampaikan pesan langsung dari brand baik berupa kampanye, press release, maupun sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat.

Job review atau biasa disingkat JR bisa didapat bloger dengan memiliki kriteria tertentu. Pengalaman menghandle sebuah management bloger menjadikan saya tahu beberapa kriteria untuk mendapatkan pekerjaan ini.

2. Content Placement (CP) atau Sponsored Post (SP)


Content Placement (CP) atau Sponsored Post (SP) adalah pekerjaan untuk memublikasikan artikel ke website pribadi disertai dengan pemberian tautan keluar yang mengarah pada website tertentu.

Materi content placement atau sponsored post disediakan oleh klien. Namun, blogger diberi keleluasaan untuk melakukan editing sesuai kebutuhan dan gaya penulisan.

3. Pasang banner


Job pasang banner yaitu berupa penyematan sebuah logo atau ikon sebuah merek disertai dengan link keluar yang diletakkan di gambar banner. Sebagai bloger pemula, mungkin kamu masih asing dengan istilah ini, namun setidaknya ini adalah pengetahuan dasar yang harus dimiliki.

Banner berbayar bisa diletakkan di bagian header blog, body artikel, sidebar, maupun footer. Semakin strategis posisinya, tentu saja harganya semakin besar. 

Biaya pemasangan banner ini bervariasi, tergantung jumlah viewer maupun peringkat di mesin pencari. Apalagi jika banyak artikel yang menduduki peringkat atas search engine.

Syarat Mendapatkan Job Bloger


Moms, untuk mendapatkan job-job di atas, penulis blog akan ditinjau lebih dulu oleh klien. Secara umum, klien atau brand akan menetapkan beberapa syarat berikut untuk memberikan pekerjaan di atas atau melakukan kolaborasi.

Syarat mendapatkan job review, content placement, maupun jasa pasang banner diantaranya:
  • Memiliki niche blog yang sejalan dengan kampanye brand misal kampanye kesehatan, blog dengan niche kesehatan memiliki potensi besar untuk diajak kolaborasi.
  • Memiliki jumlah kunjungan blog minimal 5000 per bulan
  • Blog sudah terhubung dengan Google Search Console maupun Google Analytics
  • Paham penerapan Search Engine Optimization (SEO)
  • Memiliki tulisan di peringkat atas mesin pencari, semakin banyak tulisan yang me-ranking di Google, maka peluang mendapatkan job review semakin besar.

Moms, dari semua peluang pekerjaan bagi blogger di atas, masih ada lagi peluang job lainnya seperti penghasilan dari adsense, membentuk management yang membawahi beberapa blogger, atau menjadi narasumber acara. Namun peluang ini membutuhkan skill lanjutan.

Nah, jika kamu telah mengetahui apa saja pekerjaan yang bisa mendatangkan cuan, masihkah kamu penasaran berapa gaji blogger pemula? Kita lanjutkan pembahasan yuk :)

Berapa Gaji Blogger Pemula?


Berapa gaji blogger pemula

Mengingat jumlah blogger setiap tahunnya semakin meningkat, terang saja menjadikan banyak orang semakin penasaran, "benarkah pekerjaan sebagai pengeblog masih menjanjikan?" Jika kamu ingin memulai karir sebagai bloger, berapa gaji bloger pemula yang bisa didapatkan?

Kabar baiknya, gaji seorang bloger pemula sangat bervariatif. Jika menghitung penghasilan dari jenis pekerjaan yang saya sebutkan di atas, seorang bloger pemula akan mendapatkan penghasilan minimal Rp 2.600.000,- per bulan. Jumlah ini dengan rincian pekerjaan sebagai berikut:
  • Job review 4 kali per bulan @400.000 Rp 1.600.000,-
  • Sponsor post 4 artikel @Rp 200.000,- Rp 800.000,-
  • Jasa pasang banner Rp 200.000,- per bulan
  • Total penghasilan bloger Rp 2.600.000,-
Catatan:
(harga di atas berdasarkan rata-rata penghasilan bloger dan survei yang saya lakukan secara pribadi terhadap rekan-rekan blogger. Penghasilan ini bisa saja lebih besar atau pun lebih rendah, tergantung rate card masing-masing bloger)

Jumlah penghasilan ini tentu saja bukan nilai yang saklek seperti halnya gaji pegawai tetap. Bloger adalah pekerjaan freelance. Tentu saja penghasilannya fluktuatif setiap bulannya. Bisa saja penghasilan yang didapat melebih asumsi yang saya tuliskan di atas. Tergantung seberapa banyak pekerjaan di bulan tersebut.

Penghasilan yang saya sebutkan diatas berasal dari satu blog ya. Bagaimana dengan bloger yang mengelola 2,3, bahkan puluhan blog? Tinggal dihitung saja penghasilannya. Saya mengantongi beberapa nama bloger profesional yang menghandle puluhan blog, dan bisa ditebak penghasilannya? Puluhan juta!

Kalau bloger pemula hanya mendapat hitungan jari untuk jumlah job review, blogger senior mendapat orderan job review puluhan artikel. Kamu bisa membayangkan berapa penghasilan yang mendarat di rekeningnya?

Eits tapi itu sudah level up alias blogger profesional ya. Kalau masih di level bloger pemula, job yang masuk masih dalam hitungan jari hehe. Tapi jangan bersedih, kamu juga bisa mendapatkan penghasilan serupa jika gigih memperjuangkan apa yang menjadi keahlianmu.

Tertarik Menjadi Blogger?


Menjadi blogger bukan sekadar menulis dan posting saja, banyak skill yang harus dipelajari dan dikuasai. Usaha ini membutuhkan waktu dan tenaga. Maka sudah sepantasnya jika kemudian, penulis artikel blog mendapatkan imbal hasil dari usaha itu. Sepakat?

Sekarang kamu nggak penasaran lagi kan dengan berapa gaji blogger pemula? Menjadi blogger bisa menjadi salah satu karir yang dapat kamu perhitungkan. Tertarik menjadi blogger? Sharing di komentar ya :)

Salam,
MQ
Ide Bisnis MQ
Hi, selamat datang di blog Ide Bisnis MQ. Semoga Sobat MQ bisa mendapatkan sesuatu yang bermanfaat dari tulisan di blog ini. Jika ingin bekerja sama silakan email di kontak blog ya :)

Related Posts

7 komentar

  1. Itulah salah satu alasan saya tertarik ngeblog dan serius di blog, lelah fisik dan puyeng juga sih tapi demi masa depan yang lebih baik, saat ini harus banyak nambah skill supaya berikutnya lebih baik rezeki melalui blog ini

    BalasHapus
  2. Pengen banget bisa dapet banyak penghasilan dari ngeblog. Semoga suatu saat saya bisa nyusul segala ketertinggalan saya ini...

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah aku juga terbantu banget saat menjadi Blogger. Hanya saja belum sanggup mengurusi banyak blog. Next semoga ya aku juga bisa mengantongi puluhan bahkan ratusan juta. Yuk, kita sama-sama bertumbuh 🔥

    BalasHapus
  4. MasyaAllah lihat nominalnya, tertarik sekali.
    Mudah-mudahan kecipratan juga rezekinya biar semakin lancar dan blog kita juga semakin memberikan banyak manfaat kepada para pembaca dengan info-info yang bermanfaat

    BalasHapus
  5. Temenku banget nih, pada pengen jadi blogger buat nambah uang jajan. Padahal sebenernya awal jadi blogger juga jatuh bangun banget. Belajar monet juga dari enol banget. Tapi emang pendapatannya juga macem-macem, karena emang freelance juga ada naik ada turun. Tetep disyukuri dan selalu upgrade skill aja sih.

    BalasHapus
  6. Ternyata besar juga ya penghasilan dari ngeblog.. meskipun pemula sudah lumaya menjajikan asal memenuhi syarat

    BalasHapus
  7. Wah, artikel ini benar-benar menjawab rasa penasaran banyak orang! Menjadi blogger memang sering dipandang sebelah mata oleh mereka yang belum mengenal dunia ini, padahal peluangnya sangat menjanjikan. Saya sendiri baru mulai ngeblog dan setuju banget, ngeblog itu nggak hanya soal eksistensi, tapi juga bisa jadi sumber penghasilan. Semoga semakin banyak orang yang tahu bahwa jadi blogger itu bisa jadi profesi yang menarik dan berpotensi menghasilkan. Terima kasih Ide Bisnis MQ, selalu menginspirasi!

    BalasHapus

Posting Komentar