banner-imq

Cara Jual Beli Mobil Naik Kelas, Pakai OLXmobbi Ahlinya Mobil Bekas

3 komentar

Sore itu saya sedang ngobrol santai dengan suami. Maklum hari libur. Biasanya kami memang bincang santai sambil quality time.

Tema paling menarik dalam setiap obrolan kami adalah seputar bisnis masa depan. Agak berat ya?! Iyalah, kami punya anak 3, pegawai swasta, nggak ada jaminan masa tua, punya bisnis adalah labuan harapan kami.

"Bi, enak ya kalau masa tua kita punya bisnis. Jadi nggak perlu mikir harus kerja terus. Maunya sudah ada penghasilan dari usaha. Tapi bisnis apa ya?" Saya membuka obrolan sore itu.

Sembari menghirup kopinya, suami menjawab santai dengan mimik muka serius. Laki-laki banget ya? Hehe..

"Bisnis yang bagus itu adalah bisnis yang dilakukan, bukan terus ditanyakan." ujarnya kala itu.

Hahahaha.... Orang ini, pandai sekali membuat skakmat istri sendiri. Nggak takut puasa makan malam apa ya?

"Iya deh Bapak! Jadi bagusnya bisnis apa yang mau kita jalankan?"

"Abi sedang mencari tahu bisnis jual beli mobil bekas. Punya prospek lumayan bagus. Kita bisa bikin bisnis jual beli mobil bekas naik kelas. Kalau pandai memanfaatkan aplikasi ahlinya mobil bekas" Katanya lagi, tapi tetap dengan muka serius sambil terus menatap layar hape.

Bisnis jual beli mobil bekas naik kelas? Hmmm apa nggak salah? Gimana tuh? Bukannya ini membutuhkan modal yang tidak sedikit ya? Bagaimana cara menjualnya? Marketingnya? Kalau tidak laku bagaimana? Pasti modalnya mendem disitu. Dan beragam pertanyaan lainnya muncul di benak saya saat itu.

Sambil tetap menunjukkan wajah seriusnya suami mulai membuka wawasan saya tentang bisnis jual beli mobil. Mulai dari perencanaan, modal, prospek, cara penjualan, teknik marketing, hingga peluang margin yang akan didapat.

Sepanjang penjelasan, mulut saya tak berhenti menganga. Nyaris lupa tertutup, saking seringnya saya berkata

"Waaah…"
"Ohhh...."
"Masya Allah
"

Perihal membuka paradigma bisnis, suami saya memang jempolan. Entah dari mana dirinya belajar bisnis. Yang saya tahu, orang tuanya pensiunan pegawai biasa. Latar belakang pendidikannya pun lulusan pertanian universitas negeri di Jawa. Jiwa bisnisnya dari mana?

Ah sudahlah, saya akan mencoba merangkum apa yang dikatakan oleh suami saya waktu itu. Semoga ini bisa menjadi ide bisnis untuk kamu juga ya.

Jual Beli Mobil Bekas, Ide Bisnis yang Jarang Terlintas


Jangan iri dengan tetanggamu yang sering gonta ganti mobil, itu bukan pamer! Itu adalah teknik marketing'

Begitu kata suami awal membuka point of view (POV) saya perihal bisnis mobil bekas. Saya jadi teringat cerita teman saya dulu yang bercerita usaha jual beli mobil bekasnya. 

Jual beli mobil bekas

Gemar gonta ganti mobil. Sebelum saya tahu itu usahanya, saya pikir dia kaya banget. Bisa gonta ganti mobil tiap pekan. Ternyata oh ternyata itu adalah cara dia ngiklanin dagangannya.

Pantas saja dia sering ‘pamer’ mobil. Kirain flexing, rupanya teknik advertising.

Sob, kamu tahu nggak kalau peluang usaha mobil bekas itu terbuka lebar. Hanya karena membutuhkan modal seharga mobil, banyak orang dengan modal terbatas enggan melirik usaha ini.

Padahal keinginan masyarakat untuk memiliki mobil berbanding lurus dengan tingginya mobilitas. Tak dapat dipungkiri jika mobil membuat mobilitas semakin gesit. Tak heran banyak yang ingin memiliki mobil sebagai moda transportasi keluarga.

Fakta yang terjadi saat ini, meski ada orang yang membeli mobil baru. Tetapi masih banyak orang yang hanya mampu membeli mobil bekas. Apalagi bagi orang-orang yang tidak ingin menambah hutang bank. Membeli mobil bekas secara cash menjadi solusi.

Kondisi ini membuat pelaku usaha pasti melihat peluang cuan disana. Namun, memulai bisnis mobil tidak mudah bukan? Makanya kamu perlu mengetahui beberapa tips memulai bisnis jual beli mobil bekas berikut ini.

Tips Sukses Jual Beli Mobil Bekas


1. Pahami seluk beluk mobil dan dokumen penyertanya


Jangan buru-buru cek mobil sebelum tahu status surat menyuratnya.” pesan mas Wahid, salah satu pengusaha mobil bekas Berburu Mobil Impian (BMI), Semarang

Sebelum mengecek kondisi mobil, pastikan kamu sudah mengetahui status mobil tersebut. Status mobil penting untuk diketahui agar tidak ada masalah kemudian hari. Kamu bisa mengecek status mobil, pajak, hingga kepemilikan secara online di E-samsat.

2. Ambil keuntungan sedikit agar penjualan lancar


Awal mula memulai bisnis jual mobil bekas, jumlah margin jangan terlalu tinggi. Gunakan setengah laba bersih untuk operasional, setengahnya lagi untuk tambahan modal.

Jika hal ini terus dilakukan, dalam waktu kurang dari satu tahun akan ada tambahan modal lagi. Mematok margin tidak terlalu besar dapat meminimalisir dead stock.

3. Menentukan harga dengan tepat


Jika kamu membeli mobil secara kulakan, maka kamu harus tahu bagaimana cara menentukan harga kulakan mobil. Kulak artinya membeli barang dalam jumlah banyak untuk dijual kembali. Membeli mobil bekas dengan sistem kulak memberi keuntungan mendapatkan harga miring. Untuk bisa ikut kulakan mobil, tentunya kamu harus memperluas jaringan ya.

Sebelum ikut kulakan mobil, sebaiknya kamu harus mengetahui harga pasaran mobil yang akan dikulak. Caranya kamu bisa mengecek marketplace lokal, bisa dari aplikasi atau media sosial untuk mengetahui harga pasaran mobil tersebut.

Nantinya kamu akan mendapat gambaran berapa harga standar mobil yang akan dibeli. Ambil rata-rata dari harga terendah dan harga tertinggi. Ketika nanti di lapangan, kamu bisa melihat apa saja yang minus, apa saja yang menjadi pe-er sehingga perlu diperbaiki.

Ketika nanti akan dijual kembali, kamu sudah bisa menghitung menggunakan rumus untuk menentukan harga jual mobil bekas. Kamu bisa menggunakan rumus dari berikut ini.

Harga jual mobil


4. Lakukan treatment sebelum posting


Pembeli akan tertarik terhadap barang incaran karena first impression. Untuk meningkatkan impresi, kamu bisa memasukkan mobil ke salon terlebih dahulu untuk membuat kesan barang bagus. Siapa juga yang mau membeli mobil buluk kan haha

Jika pun harus ke bengkel, boleh ke bengkel dulu. Mau ke salon bisa lanjut ke salon dan sebagainya. Setelah itu, kamu bisa melakukan pengambilan gambar dengan kamera yang proper, untuk diposting.

4. Berikan promosi dan manfaatkan aplikasi


Kata suami saya, pembeli akan tertarik dengan beragam promo-promo menarik yang diberikan. Misalnya ada promo gratis pengantaran, bisa bayar di tempat, atau memberikan potongan harga khusus bagi yang booking duluan. Promosi ini bisa dilakukan lewat media maupun internet.

Kekuatan pengguna internet di Indonesia menurut Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) tahun 2024 sebanyak 221 juta pengguna dari 278 juta penduduk Indonesia. Artinya hampir semua penduduk Indonesia menggunakan internet. Dengan apa? Gawai!


Kecuali anak-anak dan bayi, semua warga negara Indonesia mempunyai gawai. Kamu bisa menggunakan media promosi yang kompatibel dengan gawai. Salah satunya aplikasi.

Bersyukurnya kita hidup di era serba digital, aplikasi bertumbuh kian cepat. Kecanggihan aplikasi sebagai media promosi siap mendukung usaha jual beli mobil bekas kamu. Aplikasi yang saya maksud seperti yang dianjurkan suami saya adalah OLXmobbi ahlinya mobil bekas.

Aplikasi OLXmobbi dari PT Astra Digital Mobil (ADMO)


OLXmobbi

OLXmobbi adalah platform jual beli mobil bekas baik offline maupun online yang berbasis aplikasi. Saat ini OLXmobbi memiliki 31 store inspection tersebar di kota-kota besar Indonesia. Dengan jaringan pengguna OLX Indonesia lebih dari 9 juta per bulannya, OLXmobbi siap membantu usaha jual beli mobil secara instan.

Munculnya aplikasi OLXmobbi bagi pengusaha jual beli mobil bekas tentu memberi tambahan amunisi dalam promosi. Bayangkan saja saat ini OLXmobbi memiliki 2000++ partner yang tersebar di seluruh Indonesia. Artinya dengan OLXmobbi kamu bisa memperluas pangsa pasar.

Ini beberapa kelebihan OLXmobbi dalam mendukung usaha jual beli mobil bekas.

Olxmobbi


Memberikan harga terbaik


OLXmobbi memberikan harga terbaik sesuai dengan kondisi mobil. Sebelumnya kamu bisa melihat estimasi harga mobil sesuai spesifikasi mobil. Namun harga akhir akan ditentukan setelah selesai inspeksi ya.

Menentukan harga jual mobil agak tricky bagi yang belum banyak jam terbang. Saya pernah mendengar teman saya mengatakan, dirinya pernah mengalami kondisi mobil yang banyak pe-er ketika membeli mobil bekas.

Padahal ketika diperiksa saat pembelian, tidak ada masalah sama sekali. Justru masalah muncul setelah satu minggu pembelian. Itulah harga sebuah pengalaman ya.

Namun jika kamu melakukan jual beli mobil bekas di OLX kamu tidak akan mengalami hal ini, mengapa? Karena saat melakukan pengecekan, terdapat 188 titik inspeksi. Jadi pemeriksaanya sangat detail dan dilakukan oleh tim ahli tepercaya dan bersertifikat. Selain itu di OLXmobbi ada jaminan garansi mesin dan transmisi hingga satu tahun.


Dukungan OLXmobbi Membantu penjualan mobil secara instan


Dengan jumlah partner yang sangat banyak, OLXmobbi juga memiliki 100 lokasi inspeksi yang tersebar di Jabodetabek, serta beberapa kota besar lainnya. Selain Jabodetabek, kota besar lainnya adalah Bandung, Semarang, Yogyakarta, Malang, Surabaya, Medan, Pekanbaru, Palembang, Bali, serta Balikpapan.

Hadiah mobil

Pada tanggal 20 Juni 2024 lalu, OLXmobbi baru saja membuka store ke-31 di Pantai Indah Kapuk 2. Dengan semakin banyaknya offline store OLXmobbi di Indonesia, diharapkan menjadi support system yang membantu usaha mobil bekas di Indonesia.

Dukungan lain yang diberikan oleh OLXmobbi kepada konsumennya adalah adanya 'Pesta OLXmobbi'. Event ini sebagai apresiasi kepada konsumen yang telah melakukan jual beli di OLXmobbi. 

Pada Rabu, 26 Juni 2024 lalu konsumen yang beruntung mendapatkan grand prize voucher pembelian mobil senilai Rp 110 juta adalah bapak Novi Setiyono dari Tangerang. Saat ini masih ada event 'Festival Merdeka' di OLXmobbi khusus untuk konsumen. Kamu bisa kunjungi www.olxmobbi.co.id atau telepon ke 150264.

3. Proses pembayaran instan


Sob, melakukan penjualan mobil melalui OLXmobbi tak hanya caranya yang instan, tetapi juga pembayarannya kontan. Pembayaran dari OLXmobbi akan segera dilakukan setelah proses inspeksi fisik dan pengecekan dokumen kendaraan. Setelah harga akhir disepakati, maka pembayaran akan langsung dilakukan. Proses ini hanya memakan waktu +/-60 menit saja.

4. Jual beli mobil bekas aman dan nyaman


Sob, jika dari tadi saya selalu membahas kenyamanan jual mobil di OLX, bagaimana kalau membeli mobil di OLXmobbi? Apakah sama nyaman, aman, dan instan juga? Ini beberapa keunggulan membeli mobil di OLXmobbi.
  • Jaminan dapat harga dan unit terbaik
Bagi kamu yang ingin membeli mobil di OLXmobbi, jangan khawatir dengan kondisi mesin. Karena pengecekan secara detail telah dilakukan oleh Tim ahli OLXmobbi. Selain itu ada jaminan garansi mesin dan transmisi hingga satu tahun lho atau uang kembali.
  • Gratis biaya jasa perawatan (service)
Membeli mobil di OLXmobbi, kamu juga akan mendapat gratis biaya perawatan atau service hingga 30.000 km atau selama 18 bulan. Perawatan ini bisa kamu dapatkan kalau kamu melakukan service di Shop and Drive

Selain gratis jasa service kamu juga bakal dapat diskon untuk trade in aki dan cashback untuk trade in mobil kamu lho.

Dan pada pagelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 kemarin, untuk pertama kalinya OLXmobbi hadir sebagai official trade-in partner GIIAS 2024. Dukungan ini diharapkan bisa memberikan respon positif terhadap dunia penjualan mobil di Indonesia.

Olxmobbi

  • Bisa test drive dari rumah
Selain itu jika ingin melakukan test drive dari rumah, bisa juga lho. Kamu bisa test drive mobil yang kamu inginkan dari rumah. Nah, makin nyaman kan jual beli mobil di OLXmobbi?! Wajar dong kalau OLXmobbi disebut sebagai ahlinya jual beli mobil bekas.

Tata Cara Jual Mobil di OLXmobbi


1. Cek harga mobil


Untuk mengetahui harga mobil yang ingin kamu jual, kamu bisa masuk ke website olxmobbi.co.id selanjutnya kamu tinggal mengisi data sesuai spesifikasi mobil kamu. Jika harga yang ditawarkan sesuai, kamu bisa lanjut ke penjadwalan inspeksi dengan Tim OLXmobbi.

2. Menjadwalkan inspeksi mobil dengan Tim OLXmobbi


Mendaftarkan mobil yang akan dijual di OLXmobbi, kamu tinggal mengisi formulir yang tersedia, dan jadwal inspeksi akan segera dijadwalkan oleh Tim OLXmobbi store. Kamu bisa mendaftarkan sesuai dengan kota kamu ya, saat ini sudah ada lebih dari 31 store inspection yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia dan lebih dari 100 store inspection di Jabodetabek.

Note:
  • Proses inspeksi ini gratis dan hanya memakan waktu +/- 60 menit saja.
  • Jika tidak bisa melakukan inspeksi ke inspection store kamu bisa memanfaatkan fasilitas Home inspection.

3. Laporan kondisi mobil lengkap


Staf ahli dari OLXmobbi store akan memberikan laporan kondisi mobil secara lengkap. Kamu akan diberi tahu bagaimana kondisi mobil, apa saja minus dan pe-er mobil yang akan dijual.

4. Tim OLXmobbi akan memberikan penawaran harga terbaik di tempat.


Setelah memberikan laporan kondisi mobil, Tim OLXmobbi store akan memberikan penawaran harga di tempat. Harga yang diberikan sesuai dengan kondisi mobil yang akan kamu jual. Harga yang diberikan tentu saja adalah harga terbaik dan kompetitif. Sudah terbukti banyak yang merasakan kepuasan jual beli mobil di OLXmobbi.

4. Kesepakatan transaksi


Setelah penawaran harga disepakati dan dokumen telah diterima, selanjutnya semua proses penjualan akan ditangani oleh Tim OLXmobbi.

5. Proses pembayaran


Jika kamu menyepakati harga akhir yang ditetapkan oleh Tim OLXmobbi, dan pemeriksaan dokumen mobil telah sesuai dengan fisiknya maka kamu akan segera menerima pembayaran. Proses pembayaran kurang dari 60 menit dan langsung ke rekening kamu. Mudah kan?

Pengalaman Pasang Iklan di OLXmobbi Untuk Jual Beli Mobil Bekas


Sekarang usaha jual beli mobil semakin mudah dengan OLXmobbi. Istilah cerita dead stock alias mobil yang susah terjual sudah nggak berlaku lagi. Karena OLXmobbi ahlinya mobil bekas memberi solusi penjualan mobil secara instan, tanpa hambatan. OLXmobbi menawarkan cara mudah tanpa biaya.

Aplikasi OLXmobbi


Cara pasang iklan di aplikasi OLXmobbi sangat mudah lho. Bagaimana cara pasang iklan di aplikasi member of Astra ini? Simak langkah-langkahnya berikut ini ya.
  • Pastikan kamu sudah mendonlot aplikasi OLXmobbi di Play store atau App store
  • Buat akun dengan mengisi beberapa data yang dibutuhkan
  • Untuk lanjut pasang iklan, kamu bisa langsung klik tanda '+' pada fitur paling bawah
  • Pilih item kategori yang ingin dijual (mobil, motor, properti, elektronik&gadget, jasa dan lowongan, atau yang lainnya)
  • Jika memilih mobil, kamu akan diarahkan kategori lainnya dari mobil semisal mobil bekas, aksesoris dan lainnya
  • Isi data yang diminta, spesifikasi, hingga terakhir harga
  • Posting, selesai.
Kamu tinggal menunggu telepon dari calon konsumen dan barang terjual. Gampang kan? Sekarang juga ada Festival Merdeka bagi yang pasang iklan di OLXmobbi. Kamu bisa manfaatkan promo ini untuk pasang iklan gratis dan mendapatkan hadiah menarik.

Keamanan dan kenyamanan dalam jual beli mobil bekas di OLXmobbi menjadikan OLXmobbi dikenal sebagai platform ahlinya jual beli mobil bekas. Pengelolaan yang profesional dengan sistem pembayaran aman, memberi solusi penjualan instan. 

Mau Bisnis Jual Beli Mobil Bekas Naik Kelas? Langsung ke OLXmobbi Ahlinya Mobil Bekas!


Jual mobil

Jadi kalau kamu masih bingung mau berbisnis apa di tahun 2024 ini. Kamu bisa mencoba peluang usaha jual beli mobil bekas. Tinggal manfaatkan platform OLXmobbbi saja. Mudah tanpa biaya.

SobatMQ bisa donlot dan langsung pasang iklan. Jika ingin mobil langsung cair, serahkan penjualan ke OLXmobbi saja. Ikuti prosedur di atas, instan langsung dibayar kontan. Gampang kan?!

Untuk sebuah usaha, jangan banyak menunda. Tidak ada orang sukses tanpa langkah pertama. Banyak orang mendapatkan komisi tinggi dengan memanfaatkan aplikasi.

Aplikasi OLXmobbi sudah terbukti, memberi peluang untuk menghasilkan uang. Membuka jalan jual beli mobil bekas cara instan tanpa beban. Sekarang giliran kamu membuktikan. Mau bisnis jual beli mobil naik kelas? Langsung ke OLXmobbi ahlinya mobil bekas.

Salam,
MQ

Referensi:
https://www.olx.co.id/olxmobbi/pertanyaan-umum
https://apjii.or.id/berita/d/apjii-jumlah-pengguna-internet-indonesia-tembus-221-juta-orang
Ide Bisnis MQ
Hi, selamat datang di blog Ide Bisnis MQ. Semoga Sobat MQ bisa mendapatkan sesuatu yang bermanfaat dari tulisan di blog ini. Jika ingin bekerja sama silakan email di kontak blog ya :)

Related Posts

3 komentar

  1. OLX mobbi banyak membantu orang yang ingin membeli mobil bekas atau menjual mobilnya ya, secara banyak hal yang harus dicek sebelum melakukan transaksi

    BalasHapus
  2. Bener lho saya juga punya temen gonta-ganti mobil kalau ketemuan. Dia bilang suaminya jualan mobil seken. Nah itu mobil seken dipakai sekalian dites kondisinya dan dijadikan 'iklan berjalan'. Sekarang makin enak ya.jualan mobil seken kalau ada OLXmobbi. Entar kutanya temenku dia udah ikutan OLXmobbi atau belum.

    BalasHapus
  3. Dengan OLXmobbi mempermudah pembelian mobil bekas yg berkualitas. Karena mobil akan dicek oleh ahli yg bersertifikat dan berpengalaman. Beli mobil bekas berkualitas ya di OLXmobbi ahlinya mobil bekas.

    BalasHapus

Posting Komentar